Tuesday, December 24, 2013

Lama Tinggal di Kota Bisa Bikin Tuli

Reyoet, London: Seorang ilmuwan di Inggris akhirnya menemukan hubungan antara kehidupan di kota yang modern yang lebih rentan dengan gangguan pendengaran atau tuli.

Menurut peneliti, orang di perkotaan lebih banyak yang tuli karena sering mendengarkan bising di jalan dan menyetel musik dengan keras.

Seperti dikutip laman Dailymail, Selasa (24/12/2013) jumlah orang dewasa Inggris yang tuli meningkat menjadi 12 persen selama dua dekade terakhir dan kemungkinan akan meningkat menurut angka yang dipublikasikan dalam International Journal of Audiology.

Peneliti dari Medical Research Council dan National Institute of Health Research bahkan juga meneliti sampai pada hubungan antara orang yang mengalami gangguan pendengaran dengan kebiasaan pergi ke konser dan disko, serta seberapa sering mendengarkan musik secara pribadi, seperti Walkman, Diskmans dan MP3 player dalam beberapa waktu.

Dr Michael Akeroyd, dari MRC Institute of Hearing Research mengatakan bahwa ada banyak penelitian tentang gangguan pendengaran yang berhubungan dengan musik tapi sedikit yang diketahui tentang efek kumulatif dari mendengarkan musik dengan keras terutama di perkotaan.

Hal ini bahkan juga ditanggapi Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) bahwa penyebab terbesar dari gangguan pendengaran yang banyak dialami orang di perkotaan dapat dicegah dengan tidak mendengarkan musik dengan volume keras.

Followers