Saturday, December 28, 2013

Aplikasi Sosial Media Paling Mencuri Perhatian di 2013

Reyoet, Jakarta: Kehadiran aplikasi sosial media memberi kemudahan kepada para pengguna internet untuk saling berinteraksi. Sepanjang tahun 2013, sejumlah aplikasi sosial media berhasil mencatatkan sejumlah kabar menarik.

Mulai dari kabar akuisisi hingga peningkatan jumlah pengguna secara signifikan. Berikut 5 aplikasi sosial media yang berhasil menjadi buah bibir dan telah dirangkum tim Tekno Liputan6.com.

1. Snapchat
Meskipun sama-sama mengusung konsep berbagi foto dan video, namun Snapchat memiliki keunikan yang tidak dimiliki oleh aplikasi sosial media lainnya. Ketenaran Snapchat semakin meningkat setelah kabar pinangan yang dilakukan oleh Facebook dan Google ditolak oleh sang CEO, Evan Spiegel.

Spiegel tetap bersikukuh untuk mempertahankan perusahaan yang didirikannya karena melihat potensi pertumbuhan yang kian meningkat setiap tahunnya sehingga belum berencana untuk menjual ke pihak manapun. Angka penawaran yang ditawarkan oleh dua raksasa teknologi yang kian tinggi menjadikan nilai Snapchat kian membumbung tinggi hingga kini mencapai USD 4 miliar.

2. Twitter
Nama besar situs micro blogging Twitter tahun ini menjadi buah bibir setelah Oktober lalu memutuskan untuk menambah modal perusahaan melalui go public. Dengan menggunakan inisial TWTR, Twitter meraup dana sekitar USD 1,82 miliar atau setara Rp 20,5 triliun dari penawaran perdana saham (IPO) pada awal November.

Selain sukses di lantai bursa, tahun ini perusahaan yang identik dengan logo burung bitu pun berupaya menepis isu gender yang selama ini berhembus kencang. Twitter secara resmi memilih Marjorie Scardino sebagai perempuan pertama yang didapuk menjadi satu-satunya wanita dalam daftar anggota dewan direksi.

3. Path
Dalam beberapa tahun terakhir ketenaran Facebook sebagai aplikasi sosial media memang sulit ditandingi, namun sepanjang tahun 2013 pengguna di Indonesia mulai terlihat jenuh dan memilih menggunakan aplikasi lain. Path merupakan salah satu pilihan yang diminati oleh pengguna sosial media.

Hingga akhir kuartal kedua 2013, Path dilaporkan memiliki 12 juta pengguna yang berasal dari pengguna perangkat Android dan iOS. Indonesia merupakan negara penyumbang trafik terbesar untuk Path yakni mencapai 30% atau setara dengan 4 juta orang. Dalam sehari, sekitar 50 persen pengguna aktif harian Path berasal dari Indonesia.

4. WhatsApp
Berbeda dengan aplikasi sosial media lain yang kerap dihampiri iklan di layar ponsel atau tablet penggunanya, WhatsApp memiliki cara lain untuk mendatangkan keuntungan. WhatsApp memang menggratiskan aplikasinya untuk diunduh dan digunakan selama kurun waktu satu tahun pertama dan mengharuskan pengguna membayar USD 0,99 untuk satu tahun berikutnya.

Namun bukan hal tersebut yang menjadikan WhatApp terasa istimewa, namun prestasinya yang kini berhasi menjadi raja messenger global. Belum genap sepekan lalu aplikasi asal negeri Presiden Obama ini mengklaim telah memiliki 400 juta pengguna aktif setiap bulannya. Tak hanya itu, WhatsApp juga melaporkan, dalam empat bulan terakhir ada 100 juta pengguna aktif baru yang mendaftarkan diri di layanannya.

5. BlackBerry Messenger
Sejak resmi diumumkan, pengguna Android dan iOS diharuskan menunggu cukup lama untuk bisa menggunakan layanan BlackBerry Messenger. Bahkan saat sudah resmi meluncur, drama mengenai layanan yang berhasil menjadi tren beberapa tahun silam belum juga usai terutama terkait dengan isu bocoran dan jadwal rilis yang diundur.

Setelah resmi mendarat di Apple AppStore dan Google Play Store, BBM berhasil merajai daftar aplikasi paling banyak diunduh melampaui para pesaingnya. Kini perusahaan yang tengah dilanda badai tersebut berupaya memanjakan pengguna BBM lintas platform dengan kehadiran tiga fitur baru yang dirilis tahun 2014.

Followers