Reyoet, Jakarta: Kehadiran aplikasi sosial
media memberi kemudahan kepada para pengguna internet untuk saling
berinteraksi. Sepanjang tahun 2013, sejumlah aplikasi sosial media
berhasil mencatatkan sejumlah kabar menarik.
Mulai dari kabar
akuisisi hingga peningkatan jumlah pengguna secara signifikan. Berikut 5
aplikasi sosial media yang berhasil menjadi buah bibir dan telah
dirangkum tim Tekno Liputan6.com.
1. Snapchat
Meskipun
sama-sama mengusung konsep berbagi foto dan video, namun Snapchat
memiliki keunikan yang tidak dimiliki oleh aplikasi sosial media
lainnya. Ketenaran Snapchat semakin meningkat setelah kabar pinangan
yang dilakukan oleh Facebook dan Google ditolak oleh sang CEO, Evan
Spiegel.
Spiegel tetap bersikukuh untuk mempertahankan perusahaan
yang didirikannya karena melihat potensi pertumbuhan yang kian meningkat
setiap tahunnya sehingga belum berencana untuk menjual ke pihak
manapun. Angka penawaran yang ditawarkan oleh dua raksasa teknologi yang
kian tinggi menjadikan nilai Snapchat kian membumbung tinggi hingga
kini mencapai USD 4 miliar.
2. Twitter
Nama besar situs micro blogging
Twitter tahun ini menjadi buah bibir setelah Oktober lalu memutuskan
untuk menambah modal perusahaan melalui go public. Dengan menggunakan
inisial TWTR, Twitter meraup dana sekitar USD 1,82 miliar atau setara Rp
20,5 triliun dari penawaran perdana saham (IPO) pada awal November.
Selain
sukses di lantai bursa, tahun ini perusahaan yang identik dengan logo
burung bitu pun berupaya menepis isu gender yang selama ini berhembus
kencang. Twitter secara resmi memilih Marjorie Scardino sebagai
perempuan pertama yang didapuk menjadi satu-satunya wanita dalam daftar
anggota dewan direksi.
3. Path
Dalam beberapa tahun terakhir
ketenaran Facebook sebagai aplikasi sosial media memang sulit
ditandingi, namun sepanjang tahun 2013 pengguna di Indonesia mulai
terlihat jenuh dan memilih menggunakan aplikasi lain. Path merupakan
salah satu pilihan yang diminati oleh pengguna sosial media.
Hingga
akhir kuartal kedua 2013, Path dilaporkan memiliki 12 juta pengguna
yang berasal dari pengguna perangkat Android dan iOS. Indonesia
merupakan negara penyumbang trafik terbesar untuk Path yakni mencapai
30% atau setara dengan 4 juta orang. Dalam sehari, sekitar 50 persen
pengguna aktif harian Path berasal dari Indonesia.
4. WhatsApp
Berbeda
dengan aplikasi sosial media lain yang kerap dihampiri iklan di layar
ponsel atau tablet penggunanya, WhatsApp memiliki cara lain untuk
mendatangkan keuntungan. WhatsApp memang menggratiskan aplikasinya untuk
diunduh dan digunakan selama kurun waktu satu tahun pertama dan
mengharuskan pengguna membayar USD 0,99 untuk satu tahun berikutnya.
Namun
bukan hal tersebut yang menjadikan WhatApp terasa istimewa, namun
prestasinya yang kini berhasi menjadi raja messenger global. Belum genap
sepekan lalu aplikasi asal negeri Presiden Obama ini mengklaim telah
memiliki 400 juta pengguna aktif setiap bulannya. Tak hanya itu,
WhatsApp juga melaporkan, dalam empat bulan terakhir ada 100 juta
pengguna aktif baru yang mendaftarkan diri di layanannya.
5. BlackBerry Messenger
Sejak
resmi diumumkan, pengguna Android dan iOS diharuskan menunggu cukup
lama untuk bisa menggunakan layanan BlackBerry Messenger. Bahkan saat
sudah resmi meluncur, drama mengenai layanan yang berhasil menjadi tren
beberapa tahun silam belum juga usai terutama terkait dengan isu bocoran
dan jadwal rilis yang diundur.
Setelah resmi mendarat di Apple
AppStore dan Google Play Store, BBM berhasil merajai daftar aplikasi
paling banyak diunduh melampaui para pesaingnya. Kini perusahaan yang
tengah dilanda badai tersebut berupaya memanjakan pengguna BBM lintas
platform dengan kehadiran tiga fitur baru yang dirilis tahun 2014.
No comments:
Post a Comment
KOMENTAR ANDA SANGAT KAMI HARAPKAN UNTUK PENGEMBANGAN BLOG INI, TERIMA KASIH