Saturday, December 28, 2013

Tips Diet Paling Populer di 2013

Reyoet, Jakarta: Merasa stres karena badan tak kunjung proporsional? Apalagi menjelang natal dan tahun baru, ketika semua orang berkumpul dan Anda tidak bisa menurunkan berat badan dengan cepat. 

Tenang, jangan mudah frustasi karena mungkin tips ini bisa berguna bagi Anda. Karena seperti dilansir Healthmeup, Sabtu (28/12/2013) ini ada 10 tips diet yang paling populer di 2013, apa saja?

1. Jangan melewatkan makan
Melewatkan makan bebarti memperlambat metabolisme tubuh Anda. Jika Anda melewatkan waktu makan Anda, maka Anda akan cenderung makan lebih banyak. Makan tiga kali sehari secara teratur dan makan porsi kecil setiap tiga jam.

2. Meningkatkan asupan serat
Serat membantu menyerap air sehingga membuat Anda kenyang lebih lama, menghasilkan energi dan meningkatkan kesehatan salurang pencernaan. Sebagai cemilan, kacang sangat dianjurkan untuk menurunkan berat badan karena mengandung protein dan serat. 

3. Jangan makan di depan TV
Ini adalah kebiasaan umum di beberapa rumah. Makan di depan televisi membuat Anda makan lebih banyak dan Anda bisa tidak menyadari nya. 

4. Tidur
Kurang tidur adalah salah satu alasan kenaikan berat badan tidak sehat. Jadi, perlu untuk tidur yang cukup agar Anda bisa menurunkan berat badan yang efektif.

5. High Intensity Interval Training
Selain olahraga rutin, High Intensity Interval Training merupakan latihan lain yang efektif untuk menurunkan berat badan. Latihan HIIT menjaga tingkat metabolisme Anda tinggi untuk durasi yang lebih lama bahkan setelah latihan. HIIT tidak menyebabkan hilangnya otot tapi penurunan berat badan. 

Anda juga dapat menyesuaikan jenis dan tingkat pelatihan HIIT berdasarkan usia Anda, intensitas, stamina dan jumlah sesi tubuh Anda mampu setiap minggu. 

Caranya sempat dikatakan Chef Edwin Lau beberapa waktu lalu. Sebelumnya Anda boleh memilih latihannya yaitu lari, sepeda, sprint dan sebagainya. Lari misalnya, Anda harus lari sekuat tenaga selama 20 detik, kemudian istirahat kira-kira 10 detik dan berlari lagi. Lakukan intens hingga Anda kelelahan.

HIIT merupakan latihan intensitas tinggi yang hanya bisa dilakukan jika kondisi dan kekuatan tubuh Anda tahan terhadap tekanan fisik dengan waktu yang singkat. Jika Anda dapat melakukannya dengan baik, Anda akan mendapat manfaatnya.

6. Sarapan sehat
Sarapan adalah bagian penting dari rutinitas harian Anda untuk menurunkan berat badan. 

7. Hindari makan berat
Ayam, sup atau salad mungkin pilihan bijak dalam diet. Tapi ingat, jika Anda ingin menurunkan berat badan, Anda perlu makan enam sampai delapan porsi kecil sehari.

8. Berjalan selama 45 menit
Berjalan selama 30 menit mencegah Anda dari kenaikan berat badan dan berjalan selama 45 menit akan membantu Anda menurunkan berat badan.

9. Tambahkan sayuran bila biasa makan daging
Jika biasanya Anda mengonsumsi daging, mungkin Anda harus menggantnya dengan tiga kali jumlah sayuran ke piring. Mengonsumsi lebih banyak sayuran untuk menurunkan berat badan yang mengandung serat dan memiliki kalori lebih sedikit akan membuat Anda kenyang lebih lama.

10. Minum air jeruk nipis
Ahli Ayurveda, Dr Rohit Sane mengatakan, untuk menurunkan berat badan dengan cepat, minumlah segelas air hangat dengan air jeruk nipis dan madu untuk membantu mengurangi selulit di tubuh. Yang terpenting, minuman ini harus dikonsumsi pada pagi hari ketika perut masih kosong.

Followers