Thursday, December 19, 2013

Cara Atasi Sembelit pada Ibu Hamil

Reyoet, New York: Ibu hamil kerap mengalami gangguan sembelit. Semua berurusan dengan perubahan lain di dalam tubuh wanita. Jika ibu hamil berjuang dengan sembelitnya, berikut beberapa hal yang bisa Anda coba seperti dikutip Foxnews, Kamis (19/12/2013):

1. Makanan serat tinggi
Makanan dengan banyak serat seperti buah-buahan, sayuran, kacang-kacangan, dan biji-bijian. Jus memiliki terlalu banyak gula tapi jus prune bisa diterima karena bisa membantu.

2. Air
Ketika Anda meningkatkan serat, Anda membutuhkan air, tapi menegak tepat setelah makan membuat Anda merasa kembung. Sebaliknya, minum air di antara waktu makan dan membawa botol ke manapun Anda pergi.

3. Latihan
Anda mungkin lelah, tapi berjalan selama lima sampai 10 menit setelah makan bisa membantu sembelit dan penyakit kehamilan lainnya

4. Vitamin prenatal
Bicarakan dengan dokter Anda tentang vitamin prenatal yang memiliki besi dan kandungan yang lebih mudah dicerna atau bahkan menghentikan mereka selama trimester pertama.
Namun, 1 miligram asam folat per hari merupakan keharusan bagi setiap wanita hamil.

5. Kopi
Kopi dalam jumlah kecil dan cairan hangat seperti teh dan sup akan merangsang usus.

6. Jangan menahan BAB
Pergi ke kamar kecil ketika Anda ingin buang air besar, karena menahannya bisa membuat kondisi lebih buruk dan menyebabkan wasir.

7. Pelunak feses
Jika sembelit Anda masih masalah, bicarakan ke dokter Anda tentang menggunakan pelunak feses. Mereka aman selama kehamilan dan baik-baik saja ketika dipakai tiga kali sehari, tapi ini bisa memakan waktu dua sampai tiga hari untuk bekerja.

8. Obat pencahar
Pencahar perut aman tapi penting, jadi bicarakan ke dokter Anda sebelum meminumnya karena tubuh Anda tergantung pada mereka.

Followers