Tuesday, January 14, 2014

Alasan Harus Segera Mandi Usai Olahraga

Reyoet, Jakarta: Setelah berolahraga sebaiknya disegerakan untuk membersihkan diri dengan mandi. Setelah berolahraga, tubuh terutama otot-otot membutuhkan perawatan yang tepat untuk memulihkan dan meningkatkan kembali kekuatannya.

Dikutip dari Healthmeup, Selasa (14/1/2014) mandi setelah berolahraga memiliki beberapa manfaat, yaitu :

1. Kebersihan
Berolahraga di ruangan atau di luar ruangan akan menghasilkan banyak keringat, hal ini berarti latihan Anda terbilang efektif. Namun bakteri yang ada pada benda-benda di sekitar tempat latihan mudah berpindah dan menempel di keringat, untuk itu perlu pembersihan dan menjaga kebersihan dengan mandi.

2. Pemulihan Otot
Penelitian menunjukan bahwa mandi dapat meningkatkan pemulihan dan mengurangi nyeri otot. Setelah berolahraga tidak sedikit orang mengalami nyeri pada otot atau yang disebut dengan onset nyeri otot. Risiko nyeri tersebut dapat dikurangi dengan mandi.

3. Menghilangkan Lemak
Mandi dengan air dingin setelah berolahraga dapat meningkatkan metabolisme tubuh. Sehingga suhu tubuh meningkat dan menyebabkan pembakaran lemak pada tubuh. 

4. Sistem Kekebalan Tubuh
Manfaat lain mandi setelah berolahraga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Paparan air dingin di badan dapat meningkatkan pasokan antioksidan kuat yang disebut glutathione yang menjadi faktor peningkat kekebalan tubuh.

Followers