Sunday, January 12, 2014

Ingin Bokong Jadi Indah, Coba Latihan Ini!

Reyoet, Jakarta: Wanita mana yang tak ingin memiliki bokong indah yang kencang dan berisi.

Untuk mewujudkannya, wanita bisa melakukan beberapa latihan ringan. Hal ini juga berlaku pada wanita-wanita yang sudah melahirkan dan merasa bokongnya turun dan melebar.

Menurut, Dokter Spesialis Olahraga dr Michael Triangto, SpKO, jika wanita sudah memiliki pinggul yang bagus akan lebih mudah dibentuk kembali usai melahirkan. Namun, jika sejak awal sudah tepos lalu melahirkan menjadi turun bisa lebih dikencangkan.

"Kalau bokong turun dan ingin naik lagi dan tambah semok, itu musculus gluteus maximus. yang harus dilatih agar kencang dan tebal," ujar dr Michael saat dihubungi Liputan6.com, Minggu (12/1/2014).

Berikut teknik melatih otot musculus gluteus maximus:
1. Tengkurap angkat kaki
Berbaring tengkurap lalu tungkai kaki dan paha diangkat ke atas. Satu per satu misalnya kanan terlebih dahulu selanjutnya kiri.

"Tujuan gluteus maximus pada dasarnya membuat besar," ujarnya.

2. Squat
Lakukan squat namun proyeksi lutut tidak boleh melebih ibu jari kaki. Kaki dilebarkan selebar bahu, turunkan paha. Proyeksikan lutut ke lantai, tidak boleh melebihi ibu jari kaki.

3. Tungkarap dengan melipat lutut
Berbaring tengkurap dengan kaki dilipat 90 derajat sehingga kaki menghadap ke atas. Angkat paha dan rasakan bokong menjadi kenjcang.

"Setiap gerakan harus membuat otot yang kita tuju lebih kencang," ujarnya.
Selain melatih otot gluteus maximus, kaum wanita juga bisa melatih otot gluteus medius agar ada sayap di bagian bokong.

"Kalau berdiri, tangan kiri berpegang ke tembok, kursi, atau meja, bertumpu pada tangan kiri. Kemudian tungkai kanan beserta paha digerakkan ke arah samping kanan. Rasakan dengan tangan kanan sayap kaki (antara paha dan pinggul) menjadi kencang," ujarnya.

Followers