Thursday, January 16, 2014

Masalah Seksual Pria Lansia

Reyoet, Jakarta: Pria akan mengalami penurunan dalam kehidupan seksualnya saat memasuki usia tua. Hal itu wajar mengingat kondisi fisik yang semakin lemah dan minimnya tingkat testoran.

Laman onlymyhealth.com, melansir lima masalah tersebut, Kamis (16/1). Berikut uraiannya:

1. Disfungsi ereksi. Beberapa alasan umum diketahui penyebab disfungsi ereksi ialah penyakit kardiovaskuler, kerusakan jaringan, dan faktor fisiologis. Untuk mengetahui kepastian disfungsi, Anda dapat berkonsultasi dengan dokter atau seksolog.

2. Tingkat testosteron yang menurun. Gangguan seksual menjadi jelas akibat penurunan tingkat testosteron. Menurunnya tingkat testosteron menjadi penyebab seperti lama terjadinya ereksi, berkurangnya kekuatan ejakulasi, dan keinginan melakukan hubungan seksual. Cara aman mempertahankan tingkat testosteron ialah dengan meningkatkan otot melalui olahraga dan diet sehat.

3. Penyakit Jantung. Dengan penurunan sirkulasi darah, arteri menjadi sempit dan lebih keras. Hal ini menimbulkan komplikasi seksual yang berkaitan dengan ereksi, karena ereksi organ reproduksi laki-laki tergantung pada aliran darah. tekanan darah tinggi bersama dengan penyakit kardiovaskular lainnya akan membawa perubahan dalam kinerja seksual.

4. Diabetes. Penderita diabetes juga dapat berdampak pada kehidupan seksual pada tahap selanjutnya, yang merupakan salah satu alasan impotensi. Studi mengkonfirmasi bahwa pria dengan diabetes tiga kali lebih rentan terhadap disfungsi ereksi dibanding pria lainnya. Orang-orang ini berada pada risiko gangguan seksual selama 15 tahun lebih awal dibanding pria tanpa diabetes.

5. Kondisi Kesehatan. Ada beberapa kondisi kesehatan yang membatasi kinerja seksual pada pria usia lanjut; di antaranya ialah artritis, nyeri pinggang, dan herpes zoster. Nyeri menjadi salah satu alasan dari rata-rata mempengaruhi hubungan seksual.

Untuk menghindari perpecahan dalam rumah tangga, ada baiknya sebelum itu terjadi setiap pasangan memahami apa yang dirasakan para suami. Hal itu bisa membuat ketenangan anta pasangan.

Followers