Friday, January 10, 2014

Meditasi 30 Menit Sehari Sama Hasilnya Seperti Minum Antidepresan

Reyoet, New York: Meditasi setengah jam bisa meringankan depresi sama seperti meminum obat. Selain itu, meditasi secara teratur juga bisa mengurangi kecemasan, rasa sakit, dan stres.

Dalam penelitian di AS, sebanyak 3.500 orang dilibatkan. Hasilnya, terapi psikologis bisa sama efektinya dengan obat dalam mengatasi masalah kesehatan mental yang umum, dan sering lebih berhasil dalam jangka panjang .

Meditasi menjadi populer di Barat selama 30 tahun terakhir. Biasanya, meditasi dilakukan selama 30 sampai 40 menit sehari dengan tujuan menerima perasan dan pikiran tanpa menghakimi, dan tubuh serta pikiran menjadi santai.

Pemimpin studi Dr Madhav Goyal yang juga profesor di Johns Hopkins University School of Medicine, Baltimore, mengatakan banyak orang yang menganggap meditasi itu hanya duduk tanpa melakukan apa-apa.

"Tapi itu tidak benar. Meditasi merupakan pelatihan pikiran secara aktif untuk meningkatkan kesadaran, dan program meditasi berbeda pendekatannya," ujar Dr Goyal seperti dikutip Dailymail, Jumat (10/1/2014).

Menurutnya, ribuan orang menggunakan meditasi untuk menghilangkan stres. Tapi praktik ini tak dianggap sebagai bagian dari terapi medis.

Dr Goyal menyadari, masih ada kelemahan dalam penelitian ini dan diperlukan studi lebih lanjut.

Followers