Monday, January 6, 2014

Siasat Agar Tetap Makan Buah Meski Tak Suka

Reyoet, Jakarta: Buah menyediakan berbagai vitamin, mineral, dan serat yang penting bagi kesehatan. Karena alasan itulah mengapa orang diminta untuk rutin dalam mengonsumsi buah. Namun sayangnya, di luar sana masih banyak orang yang malas dan tidak terlalu suka mengonsumsi buah.

Lantas, apa alasan mendasar yang membuat orang tidak menyukai buah? Lalu, bagaimana pula menyiasati bagi orang yang tidak menyukai buah, agar asupan buahnya juga tetap terpenuhi?

Guru Besar dari Departemen Gizi Masyarakat FEMA Institut Pertanian Bogor (IPB) Prof. Dr. Ir. Hardinsyah, MS. mengatakan biasanya orang yang tidak menyukai buah karena tidak dibiasakan makan buah sejak kecil. 

"Tapi, bagi yang suka makan buah kendala utamanya adalah soal daya beli," kata Prof. Hardin saat diwawancarai Health Liputan6.com melalui surat elektronik, ditulis Sabtu (4/12/2013)

Dilanjutkan Hardin, untuk orang yang tidak suka buah cara menyiasati agar asupan buahnya terpenuhi dengan cara mengonsumsi segelas jus buah segar dan makan seporsi rujak. "Bisa juga dengan cara lain yang lebih mengasyikkan, yaitu makan seporsi fruit cake, makan salad buah, atau makan dengan lalapan seperti mentimun dan tomat," kata Prof. Hardin melanjutkan.

Menurutnya lagi, makan buah dengan mengikuti musim tertentu akan lebih terjangkau dari segi daya beli. Namun, upayakan makan buah dengan 2-3 warna seharinya.

"Misalnya kuning dari mangga, putih dari rambutan, oranye dari jeruk, merah dari semangka, merah dari pepaya, dan hijau dari melon," kata Prof. Hardin lagi.

Followers