Tuesday, June 10, 2014

Kiat Agar Tak Gemuk di Musim Hujan

Reyoet, Jakarta: Musim hujan bisa jadi membuat kita malas melakukan apa saja termasuk olahraga. Sementara badan mesti dihangatkan dengan banyak makan. 

Karena itu Pakar Nutrisi dan Diet Klinik Gizi Keluarga dari Universitas of Sidney, Leona Victoria Djajadi MND (Master of Nutrition and Dietitics) menyebutkan, tak heran bila penumpukan kalori kerap terjadi tanpa disadari.

"Dari hasil research, suhu dingin (winter) secara tidak sadar membuat kita menambah kalori sekurangnya hingga 5 persen," kata Leona saat dihubungi Health Liputan6.com, Selasa (10/6/2014).

Selain itu, kenaikan berat badan yang terjadi selama musim hujan juga terjadi karena meningkatnya rasa malas karena cuaca yang dingin. Aktivitas olahraga yang selama ini biasa dilakukan di luar menjadi terganggu. Orang menjadi tidak terbiasa melakukan olahraga di dalam ruangan. Apalagi bila rumah kurang memadai untuk dijadikan ruang olahraga.

Tak hanya itu, penyebab terjadinya kegemukan selama musim hujan juga bisa terjadi karena mood seseorang kerap drop. Sehingga, secara tidak disadari, kita cenderung mencari makanan yang bisa membuat perasaan dan mood jadi normal kembali.

"Biasanya akan mencari mekanan yang membuat hati dan tubuh nyaman. Masalahnya, biasanya makanan seperti ini mengandung lemak dan gula tinggi seperti cokelat, gorengan, keripik kentang, dan es krim," kata Leona menerangkan

Untuk itu, Leona memberikan tips agar terhindar dari hal-hal seperti ini.
  1. Selalu siapkan makanan kecil sendiri di tas, di meja kerja, di kulkas. Snack yang dikonsumsi pun berupa buah segar, kismis, susu, oat.
  2. Makan atau cemil dulu sebelum keluar rumah, karena kalau makan di luar rumah dan sangat lapar, biasa mengonsumsi 40 persen lebih kalori dari yang biasanya dimakan di rumah
  3.  Olahraga atau aktif melakukan aktivitas fisik di dalam ruangan. Seperti skipping, push up, sit up, dan SKJ (senam kesegaran jasmani).

Followers