Tuesday, June 10, 2014

Pertolongan Pertama pada yang Pingsan

Reyoet, Jakarta: Seringkali seseorang akan menyipratkan air ketika menemukan teman atau kerabatnya tiba-tiba pingsan. Atau, memberikan bau-bauan yang menyengat agar cepat sadar. Tapi, cara-cara seperti itu terkadang tak ampuh.

Berikut tips dari dokter asal India, Dr. Vidya Giri Shankar bila Anda menemukan orang pingsan, seperti dikutip Health Me Up, Selasa (10/6/2014): 

1. Lihat situasi dan kondisi
Bila Anda sedang berjalan seorang diri dan menemukan ada yang pingsan, maka lihatlah di mana orang tersebut pingsan. Bila pingsan di daerah yang berdekatan dengan kabel dan tempat-tempat berbahaya, pertama kali yang harus Anda lakukan adalah memindahkan orang tersebut ke tempat aman.

2. Tekan bahu
Saat Anda menemukan ada yang pingsan dan setengah sadar, coba pastikan orang tersebut benar-benar sadar. Caranya, lembut daerah bahunya.

Yakinkan orang tersebut tetap tenang. Dudukkan dengan nyaman. Setelah itu, bawalah dia ke dokter.

3. Minta bantuan medis
Jika tidak ada respons dari yang pingsan, cobalah periksa pernapasan dan denyut nadinya. Bila tak ada respons juga, segera hubungi tim medis.

4. Jangan diangkat
Jika mencurigai adanya patah tulang pada leher dan tulang belakang, ada baiknya untuk tidak memindahkannya seorang diri. 

5. Lepas ikat pinggangnya
Agar terbuka jalan napasnya, coba buka ikat pinggang dan kancing baju sedikit. Setelah itu, masukkan makanan dan minuman ke mulutnya.

6. Temani sampai berhasil menemui dokter
Pastikan Anda menemaninya terlebih dulu, sampai keluarga atau kerabatnya menemui dia. Jika tidak, bawalah ke dokter agar mendapat penanganan yang cepat dan memadai.

Followers