Tuesday, June 10, 2014

Makanan Sehat yang Cocok Disantap Saat Musim Hujan

Reyoet, Jakarta: Musim hujan biasanya membuat orang makan lebih banyak dari biasanya. Akibatnya, kegemukan mendadak bakal terjadi. Ada baiknya Anda mulai memerhatikan hal ini dan mengonsumsi makanan sehat.

"Sup kayaknya paling asyik, ya," kata Pakar Nutrisi dan Diet Klinik Gizi Keluarga dari Universitas of Sidney, Leona Victoria Djajadi MND (Master of Nutrition and Dietitics) saat dihubungi Health Liputan6.com, Selasa (10/6/2014).

Sup akan lebih nikmat bila didampingi sesuatu yang renyah, seperti kerupuk. Namun sayang, ketika kerupuk diproses, minyak yang digunakan tidak sedikit. Penggantinya, dapat menggunakan spring roll sebagai pendamping ketika menyantap semangkuk sup hangat.

Agar spring roll renyah tanpa digoreng, gunakan oven. Proses seperti ini dinilai lebih sehat, daripada harus menggoreng dengan banyak minyak.

"Beli spring roll atau curry puff mentah yang beku. Lalu masak dengan cara dipanggang dalam oven. Jadi ngurangin minyak dan makanan tetap kranci," kata Leona menerangkan.

Proses memasak seperti ini kerap dilakukan Leona untuk keluarganya. Ketika musim hujan tiba, Leona biasanya akan membuat kentang goreng dan spring roll yang dipanggang, bukan digoreng.

"Kalau dioven saya pakai yang mode biasa, sekitar 200 derajat celsius, selama 35 sampai 45 menit. Agar lebih sehat, tidak usah pakai minyak lagi, karena sudah berminyak," kata Leona.

Agar semuanya terasa lebih nikmat, cocolkan makanan ke saus yang dibuat sendiri. Saus yang enak bisa dibuat dengan yoghurt dan saus tomat campur saus cabai.

"Biasanya orang 'kan menggunakan krim masam. Nah, kalau saya menggantinya dengan yoghurt rendah lemak," kata Leona.

Followers