Tuesday, July 1, 2014

Buah dan Es, Tak Disarankan untuk Buka Puasa

Reyoet: Konsumsi buah memang baik untuk meningkatkan kesehatan tubuh. Namun tidak disarankan untuk memakannya di awal berbuka puasa.

Menurut Chinese Medical Doctor Master of Medicine, William Adi Teja makan buah bila dikonsumsi di waktu yang salah misalnya sebagai menu di awal berbuka adalah kesalahan.


"Saat bulan puasa perut tidak menerima asupan makanan, saat itu lambung mengecil dan jika langsung mengonsumsi buah apalagi yang dingin dapat membuat kram,"ujar William saat diwawancarai Liputan6.com, Selasa (1/7/2014).

Saat berbuka puasa menurut William sebaiknya dengan sesuatu yang hangat. "Bukan tidak boleh makan buah, namun diberi jeda setengah jam setelah mengonsumsi makanan utama," tambahnya.

Untuk penderita penyakit maag akan merasakan jantung berdebar, perih dan mual, hal ini juga dirasakan penderita asam lambung. Minum air hangat sebelum berbuka sangat disarankan tidak dengan sesuatu yang dingin seperti es.

Minuman dingin memang banyak dipilih orang saat berbuka puasa seperti sirup, es buah dan es campur. Kebiasaan ini salah, jika terus dilakukan maka akan menimbulkan dampak yang tidak baik untuk kesehatan.

"Kebiasaan orang-orang saat berbuka puasa memilih es untuk berbuka, namun hal ini salah sangat tidak disarankan saat berbuka langsung dengan sesuatu yang dingin," jelas William.

Followers