Thursday, July 3, 2014

Wah, Facebook Bikin Ketagihan

Reyoet, Chicago: Mengakses jejaring sosial Facebook lewat komputer atau ponsel ternyata membuat ketagihan. Hasil ini dari sebuah studi baru yang menunjukkan bahwa menggunakan media seperti jejaring sosial mungkin lebih adiktif daripada rokok atau alkohol.



Medai TGDaily mewartakan, Kamis (3/7), studi yang dipimpin Wilhelm Hofmann dari Sekolah Bisnis Universitas Chicago, Amerika Serikat, meneliti 205 peserta berusia antara 18 dan 85 di kota Jerman Wurtzburg. Hasilnya, rata-rata dari mereka dalam periode 14 jam selama tujuh hari berturut-turut, selalu mengakses akun jejaring sosial mereka. Selain itu, surat eletronik atau e-mail juga masuk dalam prioritas.

Hal itu bisa terjadi di era seperti ini yang dianggap dengan konsumsi media yang membuat tingkat keingintahuan meningkat. "Keinginan untuk media mungkin relatif lebih sulit untuk dilawan karena ketersediaan tinggi meskipun seseorang ingin menolaknya," kata Hofmann.

Bahkan, akibat kecanduan itu sebuah penyakit di era teknologi siap mengintai. Kebanyakan orang tak bisa santai saat duduk di bioskop, mereka justru malah berseluncur di Facebook. Selain itu, mereka akan terbangun di malam hari untuk minum air putih sambil memeriksa e-mail [baca: Penyakit Baru, Insomnia Elektronik].

Dalam penelitian itu juga ditemukan saat ajang Super Bowl, para responden merasa sulit menahan dorongan untuk menggunakan Twitter. Hal itu menjelaskan mengapa di tiga menit akhir Super Bowl, Twitter melaporkan rata-rata terdapat 10.000 tweet per detik.

Followers